foto003_resize.jpg

Ketika aku masih kecil, waktu itu nenekku sedang menyulam sehelai kain. Aku yang sedang bermain di lantai, melihat ke atas dan bertanya, apa yang ia lakukan. Ia menerangkan bahwa ia sedang menyulam sesuatu di atas sehelaikain. Tetapi aku memberitahu kepadanya, bahwa yang kulihat dari bawah adalah benang ruwet. Nenek dengan tersenyum memandangiku dan berkata dengan lembut:
“cucuku,lanjutkanlah permainanmu, sementara nenek menyelesaikan sulaman ini;nanti setelah selesai, kamu akan kupanggil dan kududukkan di atas pangkuan nenek dan kamu dapat melihat sulaman ini dari atas.
“Aku heran, mengapa nenek menggunakan benang hitam dan putih, begitu Semrawut menurut pandanganku. Beberapa saat kemudian, aku mendengar suara nenek memanggil, ” Cucuku, mari kesini, dan duduklah di pangkuan nenek. ” Waktu aku lakukan itu, aku heran dan kagum melihat bunga-bunga yang indah,dengan latar belakang pemandangan matahari yang sedang terbit, sungguh indah sekali. Aku hampir tidak percaya melihatnya, karena dari bawah yang aku lihat hanyalah benang-benang yang ruwet.Kemudian nenek berkata, “Cucuku, dari bawah memang nampak ruwet dan kacau,tetapi engkau tidak menyadari bahwa di atas kain! ini sudah ada gambar yang direncanakan, sebuah pola, nenek hanya mengikutinya.

Sekarang, dengan melihatnya dari atas kamu dapat melihat keindahan dari apa yang nenek lakukan.

Sering selama bertahun-tahun, aku melihat ke atas dan bertanya kepada Allah, “Allah, apa yang Engkau lakukan?” Ia menjawab : ” Aku sedang menyulam kehidupanmu.” Dan aku membantah,” Tetapi nampaknya hidup ini ruwet, benang-benangnya banyak yang hitam, mengapa tidak semuanya memakai warna yang cerah? “Kemudian Allah menjawab, ” Hambaku, kamu teruskan pekerjaanmu, dan Aku juga menyelesaikan pekerjaanKu di bumi ini.. Satu saat nanti Aku akan memanggilmu ke sorga dan mendudukkan kamu dipangkuanKu, dan kamu akan melihat rencanaKu yang indah dari sisiKu. “Subhanallah…Beruntunglah orang2 yang mampu menjaring ayat indah Allah dari keruwetan hidup di dunia ini. Semoga Allah berkenan menumbuhkan kesabaran dan mewariskan kearifan dalam hati hamba-Nya agar dapat memaknai kejadian2 dalam perjalanan hidupnya, seruwet apapun itu. Amin….Subhanallah, kendati pun manusia punya keinginan, tetapi Allah mempunyai keputusan yang tak mungkin dapat kita ubah. mari kita senantiasa bertawakkal kepada Nya.